Rabu, 18 April 2012

LAN (Local Area Network)


 LAN adalah sebuah singkatan dari “Local Area Network” sebuah nama yang dikenal dalam pelajaran ilmu komputer. Jaringan LAN hanya berfrekuensi repiter kecil saja, seperti halnya jaringan komputer pada sebuah LAB Sekolah maupun kampus, biasanya yang di sambungkan dengan menggunakan Kabel UTP. FUNGSI LAN : Dipergunakan untuk untuk menghubungkan komputer-komputer untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Komponen-komponen Dasar LAN :

  • Workstation , merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
  • Server , Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan danworkstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumberdaya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendakdigunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada danbekerja pada server.
  • Link , Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebutsecara fisik tidak terhubung..
  • Network Interface Card (NIC) , Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringanataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yangdirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal denganNetwork Interface Card (NIC).
  • Network Software , Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerjasebagaimana yang dikehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar